-->

Pages

Wednesday, December 16, 2015

Tadrib dalam Pendidikan Agama Islam



التدريب : التمرين  Latihan =[1]
Tadrib disini lebih kepada ranah psikomotorik cakupannya, anak didik dilatih menjadi dan memiliki keperibadian yang tinggi, dan mampu melakukan dan meng-aplikasikan pengetahuan serta mengamalkannya dengan baik dan benar. Dengan demikian anak didik menjadi orang yang beramal saleh dan kemudian mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat.

Melalui pelatihan-pelatiahan yang terus menerus dan berulang-ulang dalam pembelajaran akan memberi bekas pada diri anak didik, sehingga pembelajaran benar-benar terserap dan tahan lama. Dengan demikian anak didik dapat memiliki potensi-potensi kemudian ahli di bidangnya.
Dalam pendidikan islam tadrib sangat ditekankan penerapannya, bukan sebagai kognitif sahaja yang tidak berpengaruh apa-apa bagi anak didik, akan tetapi harus ada tadrib yang bisa dijadikan pedoman dalam pengamalan ibadah khususnya dan perilaku secara umum. Dengan demikian tujuan pendidikan Islam benar-benar terlaksana dan pencapaian yang maksimal. Tidak sebatas teori dan kurikulum yang wajib diikuti disetiap jam kelasnya. Akan tetapi ada keterikatan antara pembelajaran dengan kehidupan lingkungan anak didik yang nyata.


[1] Ahmad Warson Munawwir, Al-Munawwir:Kamus Arab – Indonesia ..., hlm. 394.

Twitter

Lajnah bahtsul masail pesantren MUDI mesra

ANEUK LENPIPA